BLK Blora Gelar Pelatihan Batik Warga

Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora gelar pelatihan membatik warga Desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan

Pelatihan Membatik BLK

BLORA, ME - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora menyelenggarakan pelatihan keterampilan membatik bagi warga desa Sukorejo Kecamatan Tunjungan.

Pelatihan tersebut diselenggarakan untuk memberi kesempatan bagi warga setempat yang berminat dan ingin mengembangkan potensi batik dengan berbagai corak dan motif berbasis kearifan lokal.

Kepala BLK Blora Amik Kristanti mewakili Plt Kepala Dinperinnaker Blora Achmad Nurhidayat mengemukakan pelatihan diselenggarakan menggunakan alokasi ABPD 2020 Kabupaten Blora selama 25 hari dengan diikuti 16 peserta.

“Pelatihan dilaksanakan selama 25 hari. Pesertanya warga desa Sukorejo sebanyak 16 orang yang benar-benar memiliki bakat dan minat membatik,” kata dia, di Blora, baru-baru ini.

Instruktur Dari Lasem

Selama pelatihan berlangsung dipandu oleh sejumlah Instruktur batik. Di antaranya dari Lasem, Kabupaten Rembang dan Kelurahan Beran, Kecamatan Blora.

Pelatihan dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Desa Sukorejo dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami berharap materi yang diberikan oleh Instruktur bisa diimplementasikan untuk berkarya dan menjadi penggerak batik Blora, khususnya di desa Sukorejo. Dengan demikian bisa bernilai ekonomi,” harapnya.

Sementara itu, Murniyanti, salah seorang peserta pelatihan mengaku senang dengan adanya pelatihan tersebut.

“Sangat senang, saya sudah membuat motif batik dan sudah jadi. Bahkan sudah ada yang tanya harganya ketika saya unggah di media sosial,” kata dia. (Guh/me)

Posting Komentar

0 Komentar