Pengesahan Perguruan Silat Kera Sakti Berlangsung Tertib dan Aman

Foto : Pengesahan ribuan pesilat dari Perguruan Silat Kera Sakti di Madiun
• Pengesahan di Madiun
MADIUN, ME   --- Berbagai macam aliran pencak silat yang berdiri di Kabupaten Madiun menjadikan Madiun sebagai kampung pesilat. Perguruan Silat ( PS ) Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia ( IKS PI ) Kera Sakti merupakan salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia, khususnya Madiun. IKS PI Kera Sakti ini didirikan oleh Raden Totong Kiemdarto pada tahun 1980 dan padepokannya berada di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

Sehubungan dengan hal tersebut, Perguruan IKS PI Kera Sakti kembali menggelar pengesahan warga IKS PI Kera Sakti angkatan ke 124/110 di padepokan Totong Kiemdarto.

Dihadiri ribuan pesilat
Adapun peserta warga baru IKS PI Kera Sakti yang disahkan berjumlah sekitar 4.197 siswa yang terdiri dari Tingkat I berjumlah 3.929 siswa dan Tingkat II ( Pendekar ) berjumlah 262 siswa, serta siswa pemutihan berjumlah 6 siswa. Kegiatan yang digelar pada 13 Juli 2019, tepatnya pukul 15 : 00 Wib s.d selesai yang dihadiri oleh Ketua Umum Perguruan IKS PI Kera Sakti Drs Bambang Sunarya, MA,

Ketua Harian Perguruan IKS PI Kera Sakti Drs. Pandit Suryawan, S.Pd, Wakil Ketua Harian Perguruan IKS PI Kera Sakti Drs. Muryadi, S.Pd, Ketua Dewan Penasehat Perguruan IKS PI Kera Sakti Sarino, S.Sos, MM, Jajaran Pengurus Pusat Perguruan IKS PI Kera Sakti, serta Jajaran Ketua Cabang, Peserta Pengesahan Perguruan IKS PI Kera Sakti.

Sambutan Ketua Umum
Dalam sambutan Ketua Umum Perguruan IKS PI Kera Sakti, Drs. Bambang Sunarya, MA menerangkan bahwa semboyan IKS PI Kera Sakti seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Totong yaitu diatas langit masih ada langit, maka dari itu setelah dilantik nanti tidak boleh sombong dan perguruan IKS PI Kera Sakti sudah berkembang dari Sabang sampai Merauke bahkan beberapa negara yang berada diluar negeri dengan anggota ratusan ribu.

"Kami berpesan agar para pendekar IKS PI Kera Sakti berpegang teguh pada filosofi, bahwa semakin berisi dan mampu segala hal maka kita semakin merunduk seperti halnya padi," pungkasnya.

Kopdar Anggota Perguruan
Bersamaan dengan itu Perguruan IKS PI Kera Sakti juga menggelar " KOPDAR 10 " bagi warga IKS PI. Diadakan dilapangan yang berada didekat Padepokan yang di ikuti oleh ribuan warga IKS PI dari seluruh cabang se-Indonesia. Berbagai macam agenda dari "KOPDAR 10" antara lain ialah pentas seni ( Pensi ) dan atraksi yang diawali dengan berdo'a bersama, sholawatan, menyanyikan lagu IKS PI Kera Sakti dan pada saat inilah bendera-bendera IKS PI Kera Sakti diumbulkan tinggi dengan penuh antusias.

Serta berbagai macam atraksi yang disuguhkan oleh warga IKS PI Kera Sakti kepada semua penonton seperti Jurus Tunggal IPSI, Reog Ponorogo / Bujang Ganong, Sambung Bayangan, Permainan senjata tajam, bermain api dan lain sebagainya.

Bersama Jaga Kamtibmas
Pada kesempatan tersebut AKBP Ruruh Wicaksono selaku Kapolres Madiun dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua warga dan calon warga yang datang di Kabupaten Madiun dari berbagai kota se-Indonesia.

"Saya menghimbau marilah kita saling menjaga atau menciptakan Kamtibmas, jangan minum minuman keras, kita tunjukkan bahwa IKS PI Kera Sakti tertib lalu lintas dan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.," ujarnya, kepada ribuan pesilat yang hadir.

Selain itu Pengawasan Aliran Masyarakat ( PAM ) berjumlah 773 personil diantaranya Polres dan Brimob berjumlah 679 personil, TNI/Kodim/0803/Madiun berjumlah 40 personil, Dishub & Satpol PP berjumlah 40 personil, Dinkes 4 personil, serta PAM Internal IKS PI Kera Sakti berjumlah 30 personil ikut serta dalam menjaga keamanan san situasi yang kondusif. ( Andy Prasetya )

Posting Komentar

0 Komentar