Pemkab Blora Segera Bangun Mal Pelayanan Publik

Foto : Wakil Bupati Blora, Arief Rohman

BLORA, ME - Pemerintah Kabupaten (PemKab) Blora akan membangun mal pelayanan publik (MPP). Keberadaannya diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk mengurus perizinan dan administrasi kependudukan lainnya. Sekaligus meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik.

Wakil Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan akan selalu berusaha mewujudkan harapan masyarakat agar Kabupaten Blora lebih baik. Salah satunya yaitu meningkatkan pembangunan di sektor infrastruktur dan pelayanan.

Ide awal pembangunan MPP ini tercetus setelah PemKab Blora mengunjungi Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2017 lalu, dimana di daerah itu berhasil di sektor Pariwisata dan pelayanan publiknya terbaik.

“Karena nantinya ada Mall Pelayanan Publik akan banyak kunjungan dalam mengurus semua izin perhari. PemKab Blora melihat ini merupakan cita-cita pemerintah untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, tentunya dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas,” ulasnya.

Arief Rohman menambahkan, pembangunan MPP di Blora akan dilakukan pada tahun 2019 ini. Mal ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas.

“Nantinya bakal ada tempat bermain anak, pojok baca dan ruang konsultasi, ruang laktasi, juga ada pos pembinaan kesehatan terpadu yang menyediakan layanan tes dan konsultasi kesehatan gratis,” terangnya.

Lebih lanjut, Arief Rohman mengatakan, MPP ini akan terintegrasi nantinya dengan seluruh perizinan yang ada di Blora, tidak hanya perizinan yang berada di bawah naungan PemKab Blora saja namun juga akan terintegrasi dengan seluruh instansi vertikal lain. Bangunan MPP nantinya dibangun dengan 3 (tiga) lantai yang akan dilengkapi dengan loket-loket pelayanan dari masing-masing dinas, dan instansi yang akan melayani masyarakat yang akan mengurus beragam perizinan,” jelasnya.

MPP ini sambung Arief Rohman, juga akan melayani berbagai jenis macam layanan, di samping berbagai jenis layanan yang sudah dilayani oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu saat ini. Dengan demikian di MPP akan tersedia berbagai jenis pelayanan yang dbutuhkan masyarakat secara integratif, masyarakat tidak direpotkan lagi dengan birokrasi yang selama ini dianggap berbelit-belit.

Pelayanan Publik yang di dalamnya tersedia berbagai jenis pelayanan yang dibutuhkan masyarakat secara integratif. Dengan demikian masyarakat tidak direpotkan lagi dengan birokrasi yang selama ini dianggap berbelit,” jelasnya.

Menurut Arief Rohman, inovasi pelayanan ini sebagai salah satu solusi untuk mempermudah segala pelayanan yang dibutuhkan warga. Konsep MPP ini menunjukkan Kabupaten Blora mempunyai komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan.(Ely)


Posting Komentar

0 Komentar