IKLAN




 

Hari Pertama Sekolah, Orangtua Siswa Ikut ke Sekolah


BLORA, ME - Ada yang berbeda saat hari pertama masuk sekolah di SMK Negeri Blora, Senin (16/7/2019) pagi. Orangtua dari  siswa kelas X yang merupakan siswa barumengantarkan anaknya sampai ikut masuk ke dalam lokasi sekolah. 

Langkah ini dilakukan agar seluruh orangtua siswa dapat mengetahui lingkungan sekolah serta membangun komunikasi secara langsung dengan wali kelas dan manajeman sekolah.

“Karena hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah, kita wajibkan seluruh orangtua siswa untuk mengantar anaknya ke sekolah, bertemu dengan wali kelas dan saling berkomunikasi,” ujar Kepala SMKN 1 Blora, Mariya.


Menurut Mariya, pertemuan dengan orangtua pada hari pertama masuk sekolah akan dimanfaatkan masing-masing wali kelas untuk meminta informasi pribadi dari orangtua seperti nomor telepon seluler, alamat tempat tinggal atau tempat kos siswa, hingga berbagai kendala yang mungkin akan muncul dalam pelaksanaan pembelajaran.

“Jadi ketika ada persoalan atau kendala yang dihadapi siswa, wali kelas dapat langsung berkomunikasi dengan orangtua karena masing-masing sudah memiliki nomor telepon, sehingga persoalan yang muncul dapat langsung diselesaikan dan dicarikan solusi secepatnya,” tuturnya.

Diungkapkan Mariya, keterlibatan orangtua siswa secara langsung dalam proses pendidikan di sekolah sangat penting. Tanpa adanya kerjasama yang baik, mustahil berbagai program yang dilaksanakan sekolah dapat terlaksana.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada orangtua siswa yang telah antusias dan berpartisipasi aktif mengantarkan anaknya pagi ini. Alhamdulillah program ini bisa berjalan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan,” ungkapnya.

Siswa Baru Ikuti MPLS
Di hari pertama masuk sekolah diisi dengan berbagai kegiatan. Siswa baru diwajibkan mengikuti berbagai acara yang merupakan rangkaian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). “Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari,” kata Mariya.

Pengenalan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Blora ini guna memunculkan motivasi peserta didik baru bahwa untuk mencapai kesuksesan diperlukan kedisiplinan. MPLS di SMK Negeri 1 Blora juga mengenalkan peserta didik baru tentang anti korupsi, kepemimpinan, remaja dan pergaulan, aturan penampilan dan jejaring sosial.

Konsep yang dibuat sendiri sudah sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. MPLS dilaksanakan untuk pengenalan lingkungan sekolah yang mengenalkan karakteristik proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang ada di SMK Negeri 1 Blora.

“Jadi selama tiga hari untuk waktu MPLS, siswa diajari tentang bagaimana siswa memenuhi kriteria persyaratan dunia industri pada saat nanti direkrut oleh dunia industri setelah lulus,” ujar Mariya.
Sehingga ia melanjutkan dibutuhkan penekanan kedisiplinan untuk mencapai kriteria tersebut. Dari penekanan kedisiplinan inilah siswa baru di SMK Negeri 1 Blora diberikan materi salah satunya yakni PBB. Kemudian ada kegiatan mengenai pemahaman tentang tata tertib dan kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Blora sehingga anak akan paham terhadap pilihan kompetensi keahliannya. (Ely)


Posting Komentar

0 Komentar