DESA KEMBANG ADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN BATAKO DAN PAVING

Pelatihan pembuatan batako dan paving untuk warga dan pemuda putus sekolah
Pemberdayaan ekonomi warga
Blora - ME, Dalam rangka mengembangkan ekonomi masyarakat, utamanya untuk pemuda dan remaja putus sekolah, Pemerintah Desa Kembang, Kecamatan Banjarejo, adakan kegiatan pelatihan pembuatan batako dan paving. Sekitar 30 orang peserta hadir untuk berlatih keterampilan membuat paving dan batako, pada hari minggu (13/1/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut, Nurul, dari Pendamping Desa Bidang Pengembangan Ekonomi dan Pemberdayaan Kecamatan Banjarejo, Kasie Pembangunan Masyarakat Desa Kecamatan Banjarejo, Kepala Desa Kembang selaku tuan rumah dan penyelenggara, serta instruktur, tenaga ahli pembuatan paving blok dan batako, Jasman.

Perputaran ekonomi desa
Menurut Nurul, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada para pemuda warga Desa Kembang sendiri.

" Nanti setelah buat sendiri, diharapkan bisa terbentuk industri kecil di desa, dan apabila sudah jadi maka untuk memenuhi kebutuhan desa itu sendiri, jadi pemasaran pertama, harus didukung oleh pemerintah desa, jadi ekonomi akan berputar di desa," ungkapnya.

Kades Kembang pun sepakat dengan apa yang disampaikan oleh tim ahli pendamping desa dari Kecamatan Banjarejo tersebut. Badan Usaha Milik Desa yang ada akan dilibatkan.

" Kami siap mengawal pelatihan ini, hingga warga kami mahir, dan kami akan berikan tugas pemasaran ini, sekaligus kerjasama pemasaran nantinya dengan Bumdes yang telah kami bentuk," paparnya.

Pembagian bantuan ternak
Sementara itu, di Balai Desa Kembang juga berlangsung penyuluhan dan penyerahan ternak berupa 24 kambing betina siap kawin, kepada 24 warga setempat. Kegiatan itu dipandu oleh perangkat Desa yaitu Kamituwa Desa Kembang dan Drh. Sri Hartutik, selaku narasumber dari Dinas Peternakan dan Perikanan Blora.

" Kami dari Dinas Peternakan dan Perikanan Blora, menyambut baik kegiatan bantuan ternak kambing yang didanai dari Dana Desa oleh Pemerintah Desa, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga, untuk itu kami akan selalu memberikan penyuluhan dan pendampingan tentang bagaimana mengembangkan ternak betina tersebut, baik dari penyediaan pakan, kesehatan dan reproduksi ternak kambingnya," paparnya. (rome)

Posting Komentar

0 Komentar