IKLAN




 

Kirab Blora Jiwa Nusantara, Angkat Potensi Wisata

Wayang raksasa salah satu tampilan dari Kirab Budaya Blora
Hut Blora ke - 269 th.
Blora-ME, Desember bukan hanya bulan terakhir tahun, namun juga merupakan bulan yang paling sibuk dan sekaligus paling menggembirakan bagi masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Blora, tepatnya pada tanggal 11 Desember 2018 ini, adalah Hari Jadi Kabupaten Blora yang ke - 269 tahun, atau Hari Ulang Tahun, Kabupaten yang berada di paling timur dari Propinsi Jawa Tengah ini. Berbagai kegiatan juga telah dilaksanakan sebelumnya yaitu, ziarah ke makam - makam para mantan Bupati Blora yang berada di luar Blora, yang mendapatkan apresiasi yang setinggi - tingginya oleh Keluarga Besar mereka, seperti Keluarga mantan Bupati Supadi Joedodarmo, di Yogjakarta, Bupati Srinardi, di Surakarta, Bupati Soemarno di Temanggung, dan Bupati Sukirno di Semarang, sebagai awal peringatan HUT Blora ke-269.


Giat Religi, Olahraga dan Budaya
Disamping mempererat tapi silaturahmi dengan keluara besar mantan Bupati Blora terdahulu, Pemerintah Kabupaten Blora juga menggelar kegiatan siraman rohani, dengan menggelar Istighozah dan Dzikir dengan mengundang KH Muwafiq, Tokoh Ulama Dari Nahdlatul Ulama, di Alon - Alon Blora, kemudian Pertunjukan Wayang Kulit semalam suntuk, dibarengi dengan Pengajian dan Pertunjukan Tarian Sufi dibawah pimpinan, Budi Harjono, di Blok T, serta turnamen Bola Volly Putra Putri, antar Kecamatan, di GOR Mustika, selain itu juga dilaksanakan Kirab Pusaka pada tengah malam.


Kirab Budaya Blora
Kekayaan seni tarian Blora terus berinovasi dan berkreasi
Dan kali ini, pada Senin (11/12/2018) digelar kirab budaya, yang diikuti oleh Bupati Blora, Wakil Bupati, Ketua DPRD Blora, bersama seluruh jajaran Pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Blora, Kapolres Blora, Dandim 0721/Blora, Danyon 410/Alugoro, Ketua Pengadilan Negeri Blora, Kepala Kejaksaan Negeri Blora, Ketua Pengadilan Agama, dan seluruh Pejabat Utama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kabupaten, Pimpinan Perbankan Nasional dan Daerah, para Direksi Badan Usaha Milik Daerah, Kecamatan hingga Desa dan Kelurahan, dan pelajar. Semua berjalan menyusuri Jalan Pemuda, dari Alon - Alon Utara menuju kawasan Blok T, atau depan Eks Stasiun Kereta Api Blora, yang telah dipadati oleh masyarakat Blora, sebagai penyaksi berbagai pertunjukan seni dan budaya serta hasil - hasil pembangunan di Blora.


Musil tradisional thetek bambu persembahan Apdesi Blora
Tampilan potensi wisata
Blora termasuk Kabupaten yang sering mengadakan perhelatan kolosal seperti, Blora Batik Karnival, Karnaval HUT Kemerdekaan, dan Kirab Budaya HUT Blora ini, merupakan agenda tetap tahunan yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Blora.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Blora, Sugiyono menyampaikan bahwa semua itu adalah upaya untuk lebih meningkatkan potensi Ekonomi dan Pariwisata Blora.
" Blora akan semakin dikenal dengan potensi wisata budaya dan sumber daya alamnya, yaitu pertanian pangan dan holtikultura, seperti yang ditampilkan dari desa - desa dalam kirab ini," paparnya kepada Monitor Ekonomi.


Kinerja tim kebersihan
Usai pesta, kirab budaya yang bertajuk " Blora Jiwa Nusantara" yang dipadati oleh warga Blora disepanjang jalur lintasan kirab, tentunya meninggalkan sampah yang berserakan. Kertas, plastik dan sisa - sisa makanan, berceceran, mulai dari kawasan Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Alon - Alon, Jalan Pemuda, Jalan Sudirman dan kawasan Blok T, dan Jalan Rajawali. Namun dalam waktu relatif singkat, sekitar 30 menit, semua sampah telah dibersihkan oleh Tim Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, telah bekerja, sejak barisan terakhir berjalan. Hal ini patut diacungi jempol apresiasi yang setinggi - tingginya atas kinerja mereka.
" Kerja Tim Kebersihan memang hebat, usai acara semua sudah bersih, seakan - akan tidak terjadi apa - apa, padahal baru satu jam, acaranya selesai, kebersihan juga selesai, salut buat Tim Kebersihan DLH Blora," tutur pengusaha kuliner yang tinggal di kawasan Jalan Pemuda. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar