IKLAN




 

Jelang Imlek, Warga Konghucu Blora Mulai Bersihkan Klenteng Hok Tik Bio

Warga Tionghoa di Blora Bersihkan Klenteng Hok Tik Bio

Blora, ME- Menyambut tahun baru imlek 2575, Warga konghuchu di Blora Jawa tengah mulai melakukan bersih-bersih klenteng Hok Tik Bio, Minggu (4/2). Kegiatan dilakukan dengan membersihkan patung-patung dewa serta mengayak abu leluhur.

Sekretaris yayasan klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto mengatakan kegiatan bersih-bersih klenteng rutin digelar setiap tahun menjelang perayaan tahun baru imlek. Kegiatan ini bertujuan agar umat bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

" Seperti biasa setiap tahun menjelang tahun baru imlek kita lakukan bersih-bersih klenteng. Kemarin kita sudah lakukan ayak abu leluhur dan hari ini dilanjutkan dengan membersihkan patung dewa. Jumlah patung dewa yang dibersihkan yang di depan ini ada 9 dan dibelakang 6," kata Bambang saat ditemui di Klenteng Hok Tik Bio, Minggu (4/2).

Bambang mengungkapkan pada tahun baru imlek kali ini, Klenteng Hok Tik Bio Blora tidak akan banyak menggelar kegiatan seperti tahun sebelumnya. Sebab tahun baru imlek kali ini bertepatan dengan masa tenang kampanye Pemilu 2024.

" Terus terang inikan bertepatan dengan masa Pemilu. Jadi kita lebih tenang dari tahun sebelumnya. Ritual yang utama kita kan cuma sembahyang, sembahyang dan berdoa," ujarnya.
Suharto pun mengungkapkan harapannya di Pemilu tahun ini yang bertepatan dengan perayaan imlek. Menurutnya, Umat berharap rangkaian Pemilu dapat berjalan dengan baik.

" Pada doa kita kan selalu kita kaitkan dengan situasi secara umum. Dan pada Pemilu kali ini harapan kita semua rangkaian proses Pemilu secara nasional ini dapat berjalan dengan baik, tenang dan hasilnya pun baik," harapnya.

MEN

Posting Komentar

0 Komentar