IKLAN




 

Upaya Bangkitkan UKM Blora Di Bulan Ramadan


Bupati Blora, Arief Rohman buka gebyar pameran UMKM di seputaran Alon - Alon 

"Sambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Dekranasda Kabupaten Blora gelar pameran produk UMKM, untuk bangkitkan perekonomian lokal pasca dihajar Pandemi Covid 19"
 
Pembukaan Pameran UMKM
BLORA, ME - Untuk bangkitkan ekonomi para pelaku UMKM Blora, saat pandemi Covid 19 melandai, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora gelar “Gebyar Pameran UKM dan Talk Show” selama satu bulan penuh saat Ramadhan 1443 Hijriah, di Alun-alun Blora.

Gebyar Pameran UMKM ini dibuka langsung oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, didampingi Ketua Dekranasda Blora, Hj. Ainia Salichah Arief Rohman, dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, dan dihadiri Sekretaris Daerah, Komang Gede Irawadi, beserta istri, yang juga menjadi Sekretaris Dekranasda Kabupaten Blora.

Pembukaan dilaksanakan Minggu sore (3/4/2022) dengan pemukulan kentongan dan pelepasan balon ke udara.tampak hadir juga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga para pengurus organisasi wanita lintas sectoral.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Dekranasda Blora, Hj. Ainia Salichah atau yang akrab disapa Bu Arief Rohman ini menerangkan bahwa “Gebyar Pameran UKM dan Talk Show” ini baru pertama kalinya, dilaksanakan di Kabupaten Blora bertepatan dengan bulan Ramadhan.

“Kami ingin memanfaatkan momentum Ramadhan ini, untuk mencari keberkahan bagi saudara-saudara pelaku UKM di Blora, yang terdampak pandemi. Sudah dua tahun kita menghadapi pandemi, kini saatnya kita bangkitkan ekonomi UKM, dengan menggelar pameran. Apalagi Pak Presiden telah memperbolehkan kegiatan terbuka, tentunya tetap dengan prokes dan capaian vaksinasi yang cukup,” ucap Ainia Salichah.

Bersama jajaran Pengurus Dekranasda Kabupaten Blora, Bupati Arief mendorong upaya membangkitkan ekonomi pelaku UMKM di Blora, dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid 19 

Sediakan Tenda Gratis
Berkenaan dengan itu, imbuh Bu Arief, Dekranasda telah memfasilitasi 60 tenda untuk pedagang UKM secara gratis. Nantinya mereka akan berjualan setiap hari mulai 15.30 WIB sampai sehabisnya, selama bulan Ramadhan. Ada yang jualan makanan takjil, makanan ringan, sayur untuk buka puasa, kue kering, buah-buahan, pakaian, hijab, camilan khas Blora dll. Harapannya ekonomi mereka tumbuh, dan nanti bisa dibeli para pemudik menjelang lebaran,” tambahnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh pihak sehingga acara yang baru pertama kali digelar ini bisa terlaksana dan diminati masyarakat. Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman sangat mengapresiasi, terobosan yang dilakukan oleh Dekranasda Blora, dalam rangka mendukung kebangkitan ekonomi sektor UKM di Kabupaten Blora dengan menggelar pameran selama Ramadhan.

“Ini bagus, tadi saya keliling, yang beli juga banyak. Ramai sekali, sampai arus kendaraan mulai tersendat. Semoga laris semuanya, laris manis tanjung kimpul, barangnya habis, uangnya kumpul. Ayo bela dan beli produk UKM Blora,” tegas Bupati yang akrab disapa Gus Arief ini.

Dalam kesempatan iini, Bupati juga mengingatkan masyarakat yang belum vaksin lengkap bisa segera mengikuti vaksinasi di layanan kesehatan terdekat.

“Berkegiatan akan lebih tenang jika kita semuanya sudah vaksin lengkap. Utamanya yang belum booster segera booster. Mari kita bangkitkan ekonomi, seiring dengan peningkatan kesehatan,” lanjut Bupati. “Selanjutnya kita minta masing-masing dinas, perangkat daerah untuk digilir, setiap hari mengerahkan staf dan karyawannya, untuk membeli produk-produk UKM ini. ASN Pemkab harus ikut mendukung pengembangan UKM,” tandas Bupati.

Sementara itu, Retno, salah satu warga yang ikut jualan camilan kue kering merasa senang bisa ikut berjualan di stand pameran UKM yang ada di Alun-alun. (TLP).

Posting Komentar

0 Komentar