IKLAN




 

DPUPR Blora Bentuk Tim Reaksi Cepat Perawatan Jalan Dan Drainase

"Tim Reaksi Cepat DPUPR Blora, dikerahkan untuk alirkan genangan air dan bersihkan tanaman liar yang menghambat laju air"

Reaksi Cepat DPUPR
BLORA, ME - Untuk pembersihan tanaman liar dan alirkan genangan air di ruas atau  bahu jalan, serta pembersihan sampah di jalur drainase, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mengerahkan tim reaksi cepat. Hal itu diungkapkan oleh Kepala DPUPR Blora, Samgautama Karnajaya, melalui Kepala UPTD Pengelolaan Jalan Jembatan dan Irigasi (PJJI) DPUPR Wilayah I, Karwi. 

"Dinas PUPR Blora setiap hari telah mengerahkan tim reaksi cepat, untuk memantau di lapangan dan segera melakukan eksekusi, supaya air tidak terlalu lama menggenangi ruas atau bahu jalan." ujarnya.

Selain itu, pembersihan dengan pemotongan rumput atau tanaman liar, terus digiatkan, supaya tidak mengganggu pemandangan dan pengguna jalan. 

“Setiap hari kami kerahkan tim untuk memantau dan melakukan aksi cepat tanggap. Kemarin dilakukan di seputar simpang empat Grojogan, airnya dialirkan ke sungai, ” kata Karwi, Rabu (2/3/2022). 

Jaga Sungai Grojogan
Pihaknya juga mengimbau kepada warga masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar sungai Grojogan agar tidak membuang sampah di drainase sungai Grojogan.    

“Tidak bosan, selalu kita ingatkan, agar warga tidak buang sampah di sungai Grojogan. Mari kita jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya,” ucapnya.

Biasanya musim hujan seperti saat ini, memang sering terjadi genangan air, karena beberapa alasan seperti drainase kotor atau curah hujan tinggi, melampaui kapasitas drainase bisa menyebabkan genangan air bahkan banjir.

"Maka dari itu, apabila melihat potensi seperti itu, tim langsung turun dan membuat saluran air, lebih lancar atau membuat semacam tali air agar genangan air cepat surut,” katanya.

Patroli Minimalisir Banjir
Meminimalisir terjadinya banjir, tim akan rutin melakukan patroli di musim penghujan dan berharap warga turut serta menjaga kebersihan lingkungan agar bisa mencegah terjadinya banjir.

Tingginya curah hujan tentu memiliki potensi bahaya banjir yang menjadi ancaman bagi lingkungan masyarakat yang berada di pemukiman.

"Jadi sangat perlunya kesadaran kita bersama dalam menciptakan lingkungan tetap bersih dan rapi, salah satunya dengan rutin membersihkan drainase, sehingga air bisa mengalir dengan lancar,” tuturnya. (Guh/me)

Posting Komentar

0 Komentar