IKLAN




 

Gubernur Ganjar Minta Percepat Pelaksanaan APBD Dan APBN

Gubernur Ganjar Pranowo pimpin langsung rakor Evaluasi pelaksanaan APBD dan APBN Provinsi Jateng 2021

"WABUP ETIK IKUTI RAKOR EVALUASI PELAKSANAAN APBD dan APBN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021"

Rakor Tingkat Jateng
SEMARANG, ME - Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, mewakili Bupati Blora, Arief Rohman, mengikuti rapat koordinasi (rakor) Evaluasi Pelaksanaan APBD dan APBN Provinsi Jawa Tengah tahun 2021, secara luring di Ruang Rapat Gedung A Lantai 2, Senin kemarin (25/11/2021).

Pada agenda tersebut Wabup hadir bersama dengan beberapa Kepala Daerah lainnya yakni Bupati Pekalongan, Wakil Bupati Cilacap, dan Plt Bupati Banjarnegara. Sementara itu Kepala Daerah se Jawa Tengah, turut mengikuti rakor secara virtual.

Agenda diawali dengan pemaparan oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, dan dilanjut kemudian, pemaparan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing dan arahan dari Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, para Kepala Daerah juga secara aktif berdialog.

     Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati

Capaian APBD Jateng
Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengawali paparannya, dengan menyampaikan terkait progress pelaksanaan APBD Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2021. 

“Progress sampai dengan 21 Oktober untuk pendapatan daerah mencapai 70,59%, PAD tercapai 70,22 persen, dan dana transfer 71,16%, dan pendapatan lain-lain yang sah 55,37%, sedangkan untuk serapan belanja 58,48% dari belanja operasi 65,77%, belanja modal 30,98% belanja tidak terduga 73,12%, belanja transfer 49,87% “ terangnya

Sekda menyampaikan, terkait capaian pendapatan, bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pandemi dan dampak dari PPKM.

“Untuk kaitannya dengan capaian pendapatan progress 70%, permasalahan adalah kaitannya dengan ekonomi yaitu pandemi covid-19” terangnya. “Pendapatan-pendapatan dari retribusi pemakaian layanan daerah, juga terdampak dari adanya PPKM” tambahnya

Percepatan Pelaksanaan APBD
Sekda kemudian menjelaskan data-data terkait APBD Provinsi Jawa Tengah, secara rinci kepada Kepala Daerah dan OPD terkait yang mengikuti rapat tersebut. 

Di akhir paparannya, Sekda menyampaikan beberapa catatan, agar adanya percepatan dalam pelaksanaan anggaran. Setelah itu Kakanwil DJPb Jawa Tengah memaparkan data dan  laporan terkait pelaksanaan APBN.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyampaikan bahwa kegiatan rakor tersebut, dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan APBD dan APBN Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Pihaknya menyampaikan salah satunya kepada Kepala Daerah, untuk memperhatikan beberapa catatan yang telah dievaluasi tadi.

 “Kabupaten dan Kota, minta tolong tadi pak Kakanwil sudah menyampaikan, ada serapannya, waktunya pendek, jangan lupa disiplin upload. Tadi yang kolomnya merah, tolong dibantu untuk dilakukan percepatan, kalau ada kesulitan tolong dikomunikasikan dengan kami, kita minta bantuan dalam waktu 2 bulan terakhir untuk kita kebut” pungkasnya

Blora Siap Laksanakan
Sementara itu Wabup Blora, Tri Yuli Setyowati, menyampaikan bahwa pihaknya, akan menindaklanjuti arahan dan catatan dari hasil evaluasi tersebut.

“Terkait ini kita sudah on the track, beberapa catatan tadi akan segera kita tindaklanjuti bersama Bapak Bupati Blora sesuai dengan arahan Pak Gubernur” terangnya

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Pemprov juga meminta dukungan dari Pemkab Blora terkait penagihan pajak, salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor. Sehingga potensi pendaptan dapat dioptimalkan. (TLP)

Posting Komentar

0 Komentar