IKLAN




 

Upaya Penghijauan Desa Dengan Bibit Buah - Buahan

Kades Padaan, Kecamatan Japah, Sri Mulyono didampingi Perangkatnya menerima bibit buah kelengkeng yang akan dibagikan kepada warganya untuk pemberdayaan penghijauan dan ekonomi warganya

"Program Penghijauan sekaligus meningkatkan perekonomian desa dilaksanakan dengan upaya menggiatkan penanaman bibit buah - buahan"

Program Penghijauan Desa

BLORA, ME - Beberapa Desa di Kabupaten Blora tengah menggalakkan program penghijauan, di samping untuk memanfaatkan lahan pekarangan, diharapkan hasilnya bisa untuk meningkatkan perekonomian warga.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Padaan, Kecamatan Japah, Sri Mulyono. Dengan menggunakan Dana Desanya, untuk mengadakan bibit buah - buahan yang terdiri dari 100 bibit buah sawo jumbo dan 200 bibit buah kelengkeng. 

"Kondisi tabah kami, sangat cocok untuk ditanami buah kelengkeng dan sawo, kami akan bagikan 300 bibit ini, untuk warga, ditanam di halaman masing - masing, rawat baik - baik, hasilnya bisa menjadijan desa kami sentra buah - buahan, terutama kelengkeng dan sawo," ungkap Kades Padaan kepada Monitor Ekonomi, Jumat  kemarin (19/3/2021).

Kades Ngiyono akan tanam 300 bibit buah - buahan di lahan persilan yang disewa dari Perum Perhutani dan diserahkan pengelolaannya kepada Karang Taruna Desa setempat untuk membuat Desa sentra buah - buahan

Sewa Lahan Hutan

Sementara itu, konsep berbeda akan diterapkan di Desa Ngiyono, Japah, di desa ujung Utara yang berbatasan dengan hutan itu, oleh Kepala Desa setempat, penanaman bibit buah jambu kristal, jambu air dan durian musang king, akan dipusatkan di satu lahan yang disewa dari Perum Perhutani KPH Mantingan.

"Kami akan tanam dalam satu area persilan saja, biar dikelola oleh Karang Taruna kami, jadi tersentral dan fokus pelaksanaannya, kalo dibagikan perawatannya kurang, jadi tidak maksimal, karena cita - cita kami, juga ingin jadi sentra buah - buahan, seperti durian, jambu kristal dan jambu air," papar Kades, yang juga mengelola situs religius Makam Dalang Sigit Soponyono, yang banyak diziarahi warga luar Blora. 

Desa lain yang juga tengah menggalakkan penanaman bibit buah - buahan di Kecamatan Japah, adalah Desa Sumberejo dan Bogem, serta puluhan yang lain dengan pilihan bibit yang sama, disesuaikan kondisi tanah setempat. (Rome)


Posting Komentar

0 Komentar