IKLAN




 

Sekda Blora Launching SSK 2021

Sekretaris Daerah Komang Gede Irawadi launching Sekolah Siaga Kependudukan yang diinisiasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana 


Komang G I, SE, MSi
Sekretaris Daerah Blora
Launching Program SSK

BLORA, ME - Mewakili Bupati Arief Rohman,  Sekda Komang Gede Irawadi, melaunching sekaligus membuka sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Kabupaten Blora pada Selasa (3/3/2021) bertempat di Ruang Pertemuan Setda Blora.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Blora, dengan protokol kesehatan yang ketat ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama pendidikan kependudukan melalui jalur formal dan informal, yang pada akhirnya dapat menanggulangi resiko kemiskinan dan stunting. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Dalduk KB Blora, Achmad Nur Hidayat, dalam laporan penyelenggaraan.

"Program SSK ini disambut baik oleh sekolah-sekolah yang saya datangi, program ini sangat penting, dan materi kependudukan kami harapkan dapat disisipkan dalam beberapa mata pelajaran dan telah terimplementasikan dalam kegiatan PIK-R," ujarnya.

A. Nur Hidayat, MM, MSi
Kepala Disdalduk Blora
Sosialisasi di Ponpes

Selanjutnya, Achmad Nur Hidayat menyampaikan permohonan kerjasama dengan Kemenag Blora untuk mensosialisasikan program SSK ini di pondok pesantren.

"Mohon berkenan bantuan dari Kemenag untuk membantu sosialisasi kegiatan ini di pondok pesantren, sehingga dapat meningkatkan kualitas santriwan/santriwati dalam bidang kependudukan," imbuhnya.

Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Sugiyanto, menyampaikan terimakasih dan dukungan atas program ini.

"Kami sangat antusias, sangat mendukung, Dan kami berharap dan minta izin Pak Nur kalau bisa nanti hasil sosialisasi ini dapat di sampaikan kepada sekolah-sekolah yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Blora," pinta Sugiyanto.

Kepala Cabang Wilayah IV juga mengharapkan kerjasama dengan Dinas Dalduk KB Blora untuk dilanjutkan ke satuan pendidikan di Kabupaten Blora dalam hal ini kegiatan PIK-R dan GenRe.

"Kegiatan Pik- R dan GenRe di sekolah yang sudah ada untuk dibantu, dimonitor kegiatannya, di satuan pendidikan kegiatan ini, dapat memback up guru Bimbingan Konseling di sekolah. Sehingga, anak didik dapat menceritakan masalahnya kepada teman sendiri dan kegiatan PIK R serta GenRe menjadi pedoman agar anak-anak lebih terkendali serta tidak kawin muda" pungkasnya.

Pendidikan Kependudukan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora yang membacakan sambutan Bupati, menyampaikan jalur formal dipandang paling strategis dalam implementasi kependudukan kepada masyarakat.

"Implementasi kependudukan adalah salah satu strategi yang paling efektif adalah melalui mekanisme pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, seperti yang hari ini dicanangkan yaitu Sekolah Siaga Kependudukan (SSK)," kata Komang Gede Irawadi

Program SSK ini diharapankan memupuk kesadaran generasi muda tentang kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggalnya.

"Jadi kelak anak didik dapat bersikap Saya Sadar mengenai perkembangan penduduk, Saya Peduli  isu-isu kependudukan dan Saya melakukan langkah nyata melalui perilaku hidup berwawasan kependudukan. Kita harus memahami pentingnya pendidikan untuk generasi kita,"pungkas Sekda.

Acara yang diikuti oleh Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK, Kepala OPD terkait dilanjutkan dengan pemberian materi sosialisasi dengan narasumber Ibu Yuniati Eva Istianingrum, S.Pd Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dan Ibu Yuniasih, S.Pd, M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Kendal. (Tim Prokompim)

Posting Komentar

0 Komentar