Bupati Arief Optimis Bandara Ngloram Potensial

Bupati Arief Rohman, MSi pimpin rapat koordinasi persiapan pembukaan penerbangan dari Maskapai Citilink untuk jalur penerbangan Bandara Ngloram - Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta dengan para stakeholder

"Potensi penumpang pesawat dari jalur penerbangan Bandara Ngloram - Halim Perdana Kusuma dipetakan oleh Tim dari Maskapai Penerbangan Citilink, Bupati Arief optimis potensial untuk Citilink"

Rapat Koordinasi Citilink

BLORA, ME - Bupati Arief memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pembukaan Penerbangan Citilink di Gedung Pertemuan lantai 2 Gedung Bappeda Kabupaten Blora, pada Rabu siang (17/3/2021).

“Alhamdulillah dari seluruh stakeholder yang diundang, semuanya setuju dan mendukung agar Citilink bisa membuka penerbangan di Bandara Ngloram. Kita optimis, targetnya sebelum lebaran. Bahkan Wakil Ketua DPRD minta kalau bisa awal puasa,” ucap Bupati.

“Tadi setelah paparan dari pihak Citilink yang disampaikan Bu Rahma, kita langsung dengarkan pendapat dari beberapa stakeholder terkait yang mempunyai potensi penyumbang penumpang. Seperti PPSDM Migas, PEM Akamigas, Pertamina, Exxon Mobil, Perhutani, hingga perwakilan Pemkab Bojonegoro, Ngawi, dan Grobogan. Semua setuju dan mendukung agar penerbangan bisa segera dibuka,” ungkap Bupati.

Efek Peningkatan Ekonomi

Manfaat Bandara Ngloram ini rupanya  bukan hanya untuk Blora, namun juga wilayah sekitarnya. Apalagi di PPSDM Migas Cepu, menurut Bupati setiap tahun ada tamu sekitar 14 ribu orang yang mengikuti pendidikan dan pelatihan migas dari seluruh penjuru wilayah Indonesia.

“Berdasarkan info yang disampaikan tadi, mayoritas mereka transit di Jakarta sebelum menuju Cepu. Sehingga ini pasar yang baik untuk membuka penerbangan Halim-Ngloram. Belum lagi tamu-tamu Pertamina, Exxon Mobil, PEM, dan kegiatan pemerintahan. Ini mimpi kita yang sudah lama,” terang Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.

Pihaknya berharap dengan adanya Bandara Ngloram ini, perekonomian di Kabupaten Blora akan meningkat mengingat saat ini sedang melemah akibat pandemi Covid-19.

“Kita berharap bandara ini menjadi pemantik tumbuhnya investasi di Kabupaten Blora. Selain pertumbuhan ekonomi, juga geliat wisatanya. Semoga tiketnya tidak mahal, pengennya dibawah satu jutaan,” pungkas Bupati.

Pesawat Jenis ATR

Adapun Rahma, perwakilan Citilink menyampaikan bahwa penerbangan Citilink nantinya akan menggunakan pesawat ATR-72.

“Ini kita sedang test pasarnya, untuk harga tiket dan jadwal penerbangannya nanti akan disepakati bersama dengan Pemkab dan stakeholder terkait. Yang pasti rencananya dalam seminggu akan ada dua kali penerbangan, harinya bisa ditentukan nanti,” ucapnya singkat.

Sampai saat ini, pembangunan Bandara Ngloram juga masih berlangsung. Seperti disampaikan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewadaru, Ariadi Widiawan, yang membawahi Bandara Ngloram, mewakili Kementerian Perhubungan.

“Penerbangan sudah bisa dilaksanakan, namun pembangunan infrastruktur penunjang juga masih kita lakukan. Pembangunan terminal penumpang ditarget selesai akhir Juni nanti. Pembangunan akses jalan masuk juga terus kita dorong agar tahun ini selesai. Kami siap menyambut pembukaan penerbangan Citilink,” ungkap Ariadi Widiawan. (Tim/me)

Posting Komentar

0 Komentar