PIA Ardhya Garini Lanud Adi Soemarmo Cegah Salahgunakan Medsos

Ny. Adrian P Damanik
Gunakan Media Sosial
Surakarta, ME- Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo, Ny. Adrian P. Damanik memberikan pengarahan dengan thema, "Bijak Menggunakan Media Sosial", pada pertemuan rutin anggota PIA Ardhya Garini Ranting Lanud Adi Soemarmo beserta Ranting Jajaran bertempat di gedung Grha Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Rabu (16/10). Dalam sambutannya Ketua PIA AG Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo mengatakan bahwa sudah tidak asing lagi bila di perangkat gadget yang kita pegang sudah tersedia aplikasi media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, Line, Youtube dan Instagram ataupun yang lainnya. "Teknologi media sosial tersebut tidak lebih adalah perangkat komunikasi yang merubah budaya manusia dalam beraktifitas dan berinteraksi. Namun dengan menimbang kejadian-kejadian yang muncul dan mengakibatkan ketidaknyamanan, perlu diperhatikan pula etika dalam penggunaan media sosial terutama bagi keluarga prajurit TNI AU sehingga diharapkan dapat menggunakannya secara bijak." ungkapnya.

Dampak Media Sosial
Selanjutnya Ketua PIA AG Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo menyampaikan penggunaan media sosial disamping mempunyai dampak positif juga mempunyai dampak negatif. "Dampak positifnya adalah dapat menjadi sarana komunikasi, digunakan untuk menjalin hubungan sosial, sarana hiburan, sarana untuk bisnis, sumber informasi dan lainnya, adapun dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik/permasalahan, kejahatan dunia maya, pencurian identitas dan penipuan, selain itu menimbulkan rasa individualistik atau acuh tak acuh terhadap sekelilingnya, melalaikan kewajiban, menimbulkan kecanduan serta maraknya kebohongan dan kebencian." paparnya, dihadapan ibu - ibu istri anggota Lanudal Adi Soemarmo, Solo.

Bijak Bermedia Sosial
Pada kesempatan tersebut Ketua PIA AG Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo mengajak untuk menggunakan media sosial secara bijak dengan tujuan dapat meminimalisir dan mencegah penyalahgunaan media sosial serta terbentuknya pemahaman tentang pengamanan informasi bagi seluruh keluarga prajurit TNI AU khususnya anggota PIA Ardhya Garini.
“Media sosial tidak digunakan sebagai sarana untuk menjatuhkan, menyudutkan pihak-pihak tertentu baik dalam kedinasan maupun diluar dinas dan menyebarkan paham-paham, opini-opini yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku baik di wilayah NKRI maupun di lingkungan TNI/ TNI AU," tandasnya.
Diakhir sambutannya Ketua PIA AG Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo mengharapkan penggunaan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat atau yang dapat menghasilkan income atau pendapatan tambahan seperti untuk jualan online, mungkin ada yang hobby membuat makanan bisa ditawarkan lewat media sosial dan kegiatan lain yang bermanfaat. Pertemuan rutin ini diikuti seluruh pengurus cabang dan ranting jajaran PIA Ardhya Garini Cabang 3/G II Lanud Adi Soemarmo. (Kapentak/nugie/me)
Foto bersama Ketua dan Pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 3/G Lanud Adi Soemarmo Solo beserta pengurus Ranting jajarannya. (Ft: Istimewa)


Posting Komentar

0 Komentar