IKLAN




 

ACT Solo Bantu Air Bersih Hingga Kemarau Usai

Tim ACT Solo salurkan air bersih untuk korban bencana kekeringan di Sragen
Bantuan Air bersih
Sragen -ME- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo terus berusaha menyasar wilayah kekeringan di Kabupaten Sragen. Setelah Tiga bulan mengalami kekeringan, akhirnya warga di Kecamatan Sumberlawang pada Minggu (8/9) mendapatkan bantuan  air bersih.
Bantuan air bersih tersebut merupakan hasil kolaborasi kemanusiaan ACT Solo dengan  Masjid Siti Aisyah Surakarta (Manahan). Pekan ini sebanyak 80.000 liter air bersih akan didistribusikan ke daerah kekeringan di Solo Raya. Kecamatan Sumberlawang merupakan wilayah yang dipetakan oleh Tim ACT Solo, membutuhkan air bersih. Untuk itu bantuan dropping air diharapkan bisa meringankan beban warga. Rata-rata sumur galian di dusun tersebut, sudah mengering sejak bulan Juli yang lalu. Warga terpaksa mengandalkan kiriman truk tangki air dan harus rela menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk membeli air bersih.

Berkolaborasi dengan Instansi
Ardiyan selaku tim program ACT Solo mengatakan bahwa, daerah kekeringan di wilayah Sragen, beberapa sudah tercover mendapatkan bantuan air bersih dari ACT.
“ACT Solo bersama Masyarakat Relawan Indonesia Sragen berusaha melakukan pendampingan khusus terhadap wilayah kekeringan di Sragen, selain bantuan air bersih , ACT juga memberikan bantuan melalui program sumur wakaf didaerah tertentu yang memang sangat membutuhkan” ujar Ardiyan

Upaya penanggulangan kekeringan sedang dilakukan oleh ACT mulai respon darurat sampai dengan program jangka panjang. Tentunya terus berkolaborasi dengan instansi-instansi terkait seperti Masjid, BPBD, Komunitas, serta mitra donatur yang secara aktif turut peduli terhadap permasalahan kekeringan yang melanda. (Nugi/me)

Posting Komentar

0 Komentar