IKLAN




 

Babinsa Aktif Bina Teritorial Komsos Pada Pemulung

Peran aktif Babinsa
Surakarta,ME - Babinsa Gajahan, Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Serda Agus selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial, termasuk dengan para pengumpul barang bekas atau pemulung yang berada di wilayahnya. Tujuan Serda Agus giat melakukan komunikasi sosial adalah untuk memberikan penyuluhan terkait kesehatan.
 “Komsos dengan pengumpul barang bekas dilakukan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga, agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga pemukiman mereka tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit”, ungkapnya.
Selaku Bintara Pembina Desa atau Babinsa, sangat penting untuk secara terus menerus mengingatkan kebersihan lingkungan di wilayah binaannya, tambahnya.

Anjangsana rumah pemulung
Hal itu dilakulan langsung oleh Serda Agus Santoso Babinsa Gajahan Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 /Surakarta, dengan menyambangi rumah Sukir, seorang pengumpul barang bekas di wilayah Kelurahan Gajahan. Di dalam komsosnya tersebut Serda Agus menyampaikan,
” Dengan mengobrol dan anjangsana, adalah bagian dari komukasi sosial, diharapkan warga yang tinggal di wilayah binaannya selalu dekat dengan rakyat, sehingga kita tahu kondisi Dan situasi lingkungan, termasuk masalah kepedulian masyarakat pada kebersihan dan kesehatan warganya," ungkapnya.

Upaya bangun kesadaran
Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Masih banyak  masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan. Untuk itu sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan, seorang Babinsa memang harus dekat dengan warga, karena hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga untuk pelaksanaan Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian.

Respon cepat laporan
“Kedekatan kami dengan masyarakat akan menambah tingkat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” Tegas Serda Agus.
Ditemui ditempat terpisah Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cba Kurdi mengatakan pekerjaan pengumpul barang bekas atau pemulung sering dianggap memiliki konotasi negatif. Pekerjaannya mencari barang bekas, membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung. Namun, dengan kehadiran Babinsa diharapkan lingkungan dapat terbebas dari barang bekas yang bila dibiarkan bisa menjadi sampah. Mereka juga membantu pemerintah dalam mengelola sampah.

Babinsa aktif komsos
Selain itu Kapten Cba Kurdi juga memberikan perintah kepada Babinsa sebagai aparat Komando Kewilayahan dituntut harus mampu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh komponen masyarakat diwilayahnya binaan nya masing-masing, mulai dari Alim Ulama, pengusaha hingga pelaku kriminal, tak terkecuali para pemulung.
Sukir yang sehari-harinya bekerja mencari barang bekas yang masih mempunyai nilai jual, untuk dijual kepada pengepul dan uang yang diterima guna mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Dia mengucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa  yang sering menyambanginya dan mengingatkan betapa pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya, ucapnya.
(Pdm/nug/me/01).

Posting Komentar

0 Komentar