IKLAN




 

Berkah Kemarau, Petani Senang Harga Cabai Naik

Petani cabai di Kelurahan Tambahrejo Kab. Blora

Blora, ME
- Musim kemarau menjadi berkah bagi petani cabai di Blora Jawa tengah. Harga cabai mengalami kenaikan cukup signifikan.


Sukarni salah satu petani cabai di Kelurahan Tambahrejo mengungkapkan saat ini harga cabai di kisaran Rp 25 ribu per kilonya. Harga ini menurutnya cukup tinggi dibanding sebelumnya.

" Perkilo saat ini Rp 25 ribu mas, baru naik. Kemarin Rp 20 ribu. Alkhamdulillah sudah untung kalau Rp 25 ribu. Bisa buat bayar sekolah anak," katanya kepada wartawan, Kamis (5/10).

Sukarni mengaku untuk sekali panen ia mampu mendapat keuntungan hingga belasan juta rupiah.

"Ini panen yang kedua. Panen pertama kemarin ada kalau Rp 30 juta. Itu kotor mas belum dipotong biaya tanam. Kalau bersih ya bisa sampai Rp 15 juta," ucapnya.

Sukarni mengatakan, pada musim kemarau seperti tahun ini, kendala yang dihadapi para petani cabai adalah soal air. Sebab kebutuhan air untuk tanaman cabai cukup banyak.

" Ini ambilnya di kali lusi mas. Di pompa diesel. Ya gak sehari sekali memang, paling 4 hari sekali harus nyirami sama disemprot obat," terangnya.

Sementara itu Zaenuri petani lain mengatakan untuk musim kemarau ini kualitas cabai yang dihasilkan juga cukup baik. Ia berharap agar harga jual cabai bisa terus stabil di kisaran Rp 25 ribu.

"Kalau hasilnya bagus mas. Semoga harganya bisa stabil terus. Dipasaran kan harganya juga tinggi," jelasnya.

MEN

Posting Komentar

0 Komentar